[Buku] Kamu Sedang Membaca Tulisan Ini: Kumpulan Cerita Tentang Cerita



Saya baru saja menamatkan buku milik Eko Triono ini. Apa kesan saya setelah membaca kumpulan cerpen ini? Ehm… mungkin marah, kesal, tertawa, dan bahkan tidak paham juga. Bagi saya ini adalah kumpulan cerpen yang banyak sekali melakukan eksplorasi atau eksperimen dari segi cerita. Di kumpulan cerpen ini kalian akan menemukan suatu cerita yang memungkinkan kalian untuk mengajukan pertanyaan, “Memangnya yang seperti ini cerpen, ya?”. Bukan dari segi kualitasnya melainkan bentuknya.

Eko Triono banyak sekali melakukan eksperimen dengan bukunya ini. Terutama dari bentuk ceritanya. Bagi kita, khusunya saya, selama ini selalu bersentuhan dengan cerpen-cerpen konvensional: ada tokoh, alur, penokohan, latar, dan lain-lain. Di benak kita secara otomatis tertanam bahwa yang namanya cerpen adalah cerita memiliki unsur-unsur di atas. Tetapi, saat kita membaca cerpen-cerpen Eko Triono dalam bukunya ini, kalian akan menemukan cerpen-cerpen yang sama sekali bukan cerpen konvensional.

Contohnya, kalian akan dipertemukan dengan cerpen yang isinya hanya terdiri dari satu kata. Judulnya, “CERITA DALAM SATU KATA”. Setelahnya, kalian juga akan bertemu dengan cerpen yang isinya seperti sebuah kamus. Judulnya, “CERITA DALAM BANYAK KATA.” Saya kesal begitu tahu bahwa bentuk cerpennya seperti itu. Masih ada beberapa cerita lagi yang dieksplor oleh Eko Triono. Misalnya, cerpen yang berjudul “ATIREC MALAD MUKUH KILABRET”, sebuah cerita yang isinya adalah kata-kata yang dibaca terbalik. Astaga. Betapa kesalnya kita harus membaca cerita yang seperti itu. Bayangkan pula bagaimana si penulis harus menulis cerita yang demikian.

Tidak semua cerpen memiliki bentuk yang seperti itu. Masih ada cerpen yang bentuknya tetap seperti cerpen pada umumnya.

Secara garis besar, kumpulan cerita ini berkisah banyak tentang cerita. Atau mungkin juga ‘cerita’ dalam kumpulan cerpen ini seperti halnya seorang tokoh dalam cerita. Seperti yang dikatakan bahwa dalam kumcer ini banyak kita temui cerita dalam bentuk yang tidak biasa, maka tak ayal kita tidak menemukan satu pun tokoh dalam cerpen tersebut.
Ini adalah sebuah usaha untuk memberikan nuasa baru bagi kekayaan sastra kita. Ia, barangkali, mencoba mendobrak kaidah-kaidah dalam sebuah cerita. Tapi, saya sendiri masih lebih cenderung menyukai cerpen konvensioanl.

Judul buku ini sendiri diambil oleh dari salah satu cerpen yang berjudul sama: “Kamu Sedang Membaca Tulisan Ini”. Cerpen ini seolah mengungkapkan bahwa sebetulnya saat kita sedang membaca cerita, kita sedang dikendalikan oleh cerita itu sendiri. Pikiran kita akan mengikuti setiap kata yang tertuli dalam cerita itu. Cerpen ini dengan gamblang memperlihatkan bagaimana sebuah tulisan mengendalikan pikiran pembaca.

Ya, ini adalah buku Eko Triono yang mencoba menunjukkan banyak permainan kata dan cerita. Kita seakan diajak bermain-main dengan itu semua. Sebuah eksperimen yang berhasil, menurut saya.
***

[Buku] Kamu Sedang Membaca Tulisan Ini: Kumpulan Cerita Tentang Cerita [Buku] Kamu Sedang Membaca Tulisan Ini: Kumpulan Cerita Tentang Cerita Reviewed by TIDAKTAMPAN on Mei 30, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.